-->

Peluang Kerja Lulusan TKJ di Era Digital

Lulusan TKJ Bisa Kerja di Bidang Apa ?

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Merupakan salah satu jurusan yang masuk dalam kelompok Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat SMA/SMK Sederajat. Jurusan ini memiliki peminat yang cukup banyak di beberapa kota, mengingat jurusan ini berkaitan dengan teknologi Komputer yang merupakan sedang mengalami perubahan yang signifikan terhadap Teknologi Informasi terutama di Indonesia.
Peluang Kerja Lulusan TKJ di Era Digital

Dengan terus berkembangnya Teknologi Informasi, tentu Sumber Daya Manusia juga harus memiliki ilmu yang cukup untuk berhadapan langsung dengan Teknologi Informasi. Dengan begitu lulusan TKJ ini memiliki kemampuan dan ilmu yang cukup untuk menghadapi perkembangan Teknologi Informasi.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dan mengambil Jurusan TKJ, tentu kamu tidak perlu khawatir tentang Prospek lulusan dan tidak perlu khawatir untuk kerja dimana, karena jurusan ini memiliki Prospek kerja yang sangat baik.

Teknisi Komputer dan Jaringan

Bekerja menjadi seorang Teknisi Komputer dan Jaringan merupakan hal yang paling umum kita temui bagi lulusan TKJ. Mengingat yang dipelajari di Sekolah adalah tentang Komputer dan jaringan yang meliputi Software dan Hardware, sehingga cukup pandai untuk menjadi Teknisi Komputer dan Jaringan.

Tugas seorang Teknisi Komputer dan Jaringan adalah membantu untuk memperbaiki sebuah perangkat komputer atau perangkat jaringan yang mengalami kerusakan ataupun terjadi eror pada perangkat tersebut, maka kamu bisa memperbaiki perangkat tersebut hingga kembali normal seperti biasa.

Network Administrator

Untuk kamu yang lebih suka dengan jaringan komputer, mungkin pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Karena tugas dari seorang Network Administrator adalah membuat ataupun mengkonfigurasi jaringan seperti halnya membuat sebuah Email Server, DNS Server, FTP Server dalam skala tertentu.

Dalam sebuah perusahaan tentu membutuhkan seorang Network Administrator, untuk membantu segala konektivitas internet dalam ruang lingkup perusahaan tersebut.

Server Administrator

Hampir mirip dengan seorang Network Administrator, seorang Server Administrator memiliki tugas untuk mengatur Server dan Client agar saling terhubung dalam ruang lingkup tertentu. Mengelola berbagai database dalam suatu perangkat dan memelihara perangkat agar dapat berjalan dengan baik seperti semestinya.

Data Entry

Mengelola sebuah data masuk dan data keluar adalah salah satu tugas dari Data Entry, dalam suatu sistem yang mengelola data biasanya membutuhkan seorang Data Entry untuk Input sebuah data menjadi kumpulan data yang tersusun menjadi rapi, dan juga mengelola data yang keluar atau Output yang harus di tracking sedemikian rupa.

IT Support

Mensupport seluruh kegiatan orang ataupun Perangkat Komputer dan Jaringan merupakan salah satu tugas dari seorang IT Support. Seorang IT Support harus bisa dalam segala hal dalam bidang Komputer ataupun dalam bidang Jaringan, sehingga jika kamu memiliki berbagai Skill tentang Teknologi Informasi, maka kamu sangat cocok untuk menjadi bagian daripada IT Support.

Tugas dari IT Support ini membantu berjalan nya pekerjaan orang orang disekitar, dan memonitor berjalannya suatu komputer ataupun jaringan komputer agar berjalan semestinya.

Desainer Grafis

Untuk kamu yang masuk jurusan TKJ namun memiliki minat ke Desain Grafis, mungkin menjadi seorang Desainer Grafis ini sangat cocok untuk dilakukan. Tugasnya adalah mendesain sebuah gambar/media promosi/banner, dan semacamnya.

Kamu harus menguasai Software editing seperti Photoshop dan CorelDRAW, dan materi ini biasanya ditemui di tingkat kelas 10 selama 1 tahun mempelajari salah satu Software Editing Gambar. Dan mungkin ini bisa berbeda di beberapa Sekolah, tetapi admin sendiri mempelajari Software CorelDRAW selama 1 tahun di Sekolah pada kelas 10.

Bisnis Online

Mencoba untuk Berbisnis Online biasanya dilakukan oleh banyak kalangan ketika masih duduk di bangku sekolah maupun yang udah keluar sekolah. Dengan berbekal pengetahuan tentang dunia Digital, maka berbelok sedikit ke dunia Bisnis Online ini tidak ada salahnya.

Beberapa hal yang bisa kamu coba untuk berbisnis online adalah sebagai berikut :
  • Jualan Online
  • Mengikuti program affiliasi
  • Mengikuti program CPA
  • Membuka Jasa Menulis
  • Menjadi Konten Kreator
  • Menjadi Publisher Google Adsense
  • dll
Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencoba bisnis online, dan sebagai lulusan TKJ sudah sepantasnya kamu mencoba untuk berbisnis online dan mencari penghasilan tambahan dari Internet.

Mungkin itu adalah beberapa Prospek Kerja Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan di Era Digitalisasi saat ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.