-->

Perbedaan FTP Server dan FTP Client Lengkap !

Mengenal FTP, Kelebihan dan Kekurangan FTP


Apa itu FTP ? File Transfer Protokol merupakan sebuah Protokol dalam jaringan Internet yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer sebuah file antar server melalui suatu jaringan dengan menggunakan koneksi TCP.

Bagi Webmaster, FTP ini menawarkan beberapa fungsi, seperti kemudahan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan suatu tema, plugin, dan bahkan menginstall Wordpress secara manual melalui FTP.

Perbedaan FTP Server dan FTP Client Pengertian Lengkap serta Perbedaannya

Biasanya pemilik website menggunakan FTP untuk memudahkan segala bentuk transfer data, karna FTP ini bisa mengoneksikan antara komputer kamu dengan perangkat hosting web server, dan bisa mengakses semua data dengan cara meremote.

Baca Juga : Hasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal !

FTP ini bekerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara server dengan client yaitu dengan menggunakan Protocol TCP (Yang menggunakan Port 21).

Pengertian FTP Server

FTP Server merupakan sebuah server yang memberikan layanan berupa pengiriman ataupun tukar menukar data kepada FTP client dengan ketentuan FTP client ini harus meminta (Request) terlebih dahulu kepada FTP Server.

FTP Server ini biasanya menggunakan 20 Port sebagai Port data-nya. FTP Server juga dapat berkerja dengan koneksi aktif dan koneksi pasif. Jika pada koneksi aktif client membuka sebuah port, maka kamu harus mengatur firewall untuk menerima sebuah koneksi ke port yang akan di buka oleh FTP Client.

Pengertian FTP Client

Sementara itu, FTP Client merupakan perangkat yang meminta sebuah layanan tukar menukar data kepada FTP Server. Sebelum terjadinya tukar menukar data antara Client dan Server, maka Client harus terhubung dan terkoneksi terlebih dahulu dengan FTP Server agar dapat mengeksekusi data dengan baik.


FTP Client ini dapat melakukan apapun seperti halnya mendownload, dan upload sebuah file. Kebanyakan FTP Client ini memilih untuk menggunakan koneksi secara default.

Contoh Tools FTP Client

Beberapa tools ini bisa kamu gunakan untuk FTP antara Client ke Server dengan mudah :
  • FileZila (Windows)
  • CuteFTP (Windows)
  • CoreFTP(Windows)
  • CyberDuck (Mac)

Media Untuk Mengakses FTP 

Berikut adalah media untuk mengakses antara FTP Client dengan FTP Server yang bisa kamu gunakan :
  • Web Browser : Web browser serperti Chrome, Firefox, Opera, dll
  • Html Editor : Seperti Adobe Dreamweaver yang dapat terhubung dengan FTP
  • File Explorer : Tersedia di Windows bawaan komputer
Apakah kamu sudah memahami tentang FTP Server dan FTP Client ? Semoga kamu bisa memahami, jika ada pertanyaan silahkan masukan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.